Kebidanan & Profesi

Program Studi Kebidanan & Profesi

STIKES Guna Bangsa Yogyakarta telah memiliki Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga pada tahun 2009 dan Program Magister pada tahun 2015. Program studi tersebut telah terkakreditasi LAM-PTKes dengan predikat ‘B’ dengan SK  Nomor 0594/LAM-PTKes/Akr/Dip/V/2016 (Diploma tiga) dan SK Nomor 0307/LAM-PTKes/Akr/Mag/ VI/2019 (Magister).

STIKES selanjutnya melakukan analisis situasi internal dan eksternal mengenai kebutuhan lulusan profesi bidan. Hasil Kongres IBI tahun 2013 dalam Renstra disebutkan bahwa, profesi bidan dituntut untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui program pendidikan profesi bidan. Untuk itu, maka STIKES Guna Bangsa Yogyakarta berperan serta dengan mengusulkan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan pada tanggal 6 Desember 2016. Dasar penambahan program studi baru yaitu Rencana Induk Pengembangan (RIP), RENSTRA STIKES Guna Bangsa Yogyakarta tahun 2014-2018, RENOP STIKES Guna Bangsa Yogyakarta tahun 2016, dan SK Ketua STIKES Nomor 91/SK/STIKES-GB/XI/2016. Sebelum penyelenggaraan pendidikan dimulai, program studi melakukan FGD dengan mengundang organisasi profesi IBI yang dihadiri oleh Ibu Surjani,S.SiT.,M.Kes, institusi penyelenggara program studi sejenis yang dihadiri oleh Ibu Sih Rini Handajani.,M.Mid (Poltekes Kemenkes Surakarta) dan Alumni pendidikan profesi dari Poltekes Kemenkes Surakarta.Hasil FGD diperoleh informasi tentang proses penyelenggaraan pendidikan dari penerimaan mahasiswa baru, proses pembelajaran sampai dengan luaran.  Pengelola program studi juga mengikuti pelatihan penyusunan kurikulum, preseptor mentor yang diselenggarakan oleh AIPKIND serta melaksanakan workshop penyusunan kurikulum, metode pembelajaran SCL dan penyusunan modul dan bahan ajar.

Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi STIKES Guna Bangsa Yogyakarta diselenggarakan melalui SK KEMERISTEK DIKTI Nomor 805/KPT/I/2018. Penerimaan mahasiswa dimulai pada tahun ajaran 2019/2020.

Menghasilkan Lulusan Profesi Bidan yang Unggul dan Inovatif dalam Asuhan Kebidanan Berbasis Kearifan Lokal

  1. Menyelenggarakan pendidikan kebidanan yang bermutu untuk
    menghasilkan lulusan profesi bidan yang unggul dan inovatif sebagai community leader dalam pemberian asuhan kebidanan dengan memanfaatkan kearifan lokal yang sesuai evidence based
  2. Menyelenggarakan penelitian kebidanan yang berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis kearifan lokal
  3. Menerapkan dan mendayagunakan IPTEK Kebidanan dalam pengabdian masyarakat
  4. Menjalin kerjasama dengan stakeholder dalam negeri dan luar negeri
    untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi
  1. Terselenggaranya pendidikan profesi bidan yang unggul, inovatif dan berdaya saing dalam memberikan pelayanan kebidanan berbasis kearifan lokal mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan berorientasi kepada capaian pembelajaran lulusan.
  2. Terselenggaranya penelitian untuk menghasilkan inovasi pelayanan kebidanan guna meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan berbasis kearifan lokal.
  3. Terselenggaranya pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pemberian pelayanan kebidanan berbasis kearifan lokal.
  4. Terwujudnya kerjasama dengan stakeholder dalam negeri dan luar negeri yang mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Gelar

Lulusan Program Studi Kebidanan Program Sarjana mendapatkan gelar Sarjana Kebidanan (S.Keb) dan dan lulusan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi  memperoleh gelar Bidan (Bd)

Waktu Kuliah dan SKS

Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi STIKES Guna Bangsa Yogyakarta diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan profesi bidan yang unggul dan inovatif dalam asuhan kebidanan berbasis kearifan local. Perkuliahan terdiri dari 8 semester dengan jumlah 146 SKSuntuk program sarjana dan 3 semester dengan jumlah 36 SKS untuk pendidikan profesi. Adapun perkuliahan terdiri baik teori ataupun praktikum.

Selengkapnya

Bidan adalah tenaga kesehatan professional yang memiliki spesialisasi dalam kesehatan ibu dan anak. Lulusan prodi kebidanan dibutuhkan di berbagai fasilitas kesehatan seperti klinik dan rumah sakit sebagai tenaga bidan. Selain itu, lulusan Kebidanan juga dibekali dengan kemandirian, sehingga dapat membuka praktek secara mandiri. Selain itu, seorang lulusan kebidanan juga dapat menjadi konsultan atau penyuluh kesehatan kehamilan dan reproduksi.

Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi STIKES Guna Bangsa Yogyakarta diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan profesi bidan yang unggul dan inovatif dalam asuhan kebidanan berbasis kearifan local. Perkuliahan terdiri dari 8 semester untuk program sarjana dan 3 semester untuk pendidikan profesi. Adapun perkuliahan terdiri baik teori ataupun praktikum.

Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Program Pendidikan Profesi Bidan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta bertekad untuk menghasilkan lulusan bidan profesi yang unggul dalam community leader dan inovasi pelayanan kebidanan berbasis kearifan local. Oleh karena itu, sebelum lulus mahasiswa akan dibekali dengan berbagai pelatihan, workshop ataupun kunjungan yang dapat menambah pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam memberikan asuhan kebidanan berbasis kearifan local.

Untuk mendukung proses belajar mengajar dan kegiatan lainnya serta menciptakan lulusan yang siap pakai, selain sarana dan prasarana standar seperti ruang kelas, perkantoran, auditorium dll, jurusan kebidanan menyediakan fasilitas-fasilitas antara lain sbb :

  • Lab umum
  • Lab pemeriksaan ibu hamil
  • Lab bersalin
  • Lab bayi dan anak

SK

SK KEMERISTEK DIKTI

Nomor 805/KPT/I/2018

Kampus

Jl. Padjajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. 55283

Daftar di STIKes Guna Bangsa Yogyakarta dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih dibidang kesehatan untuk calon mahasiswa

Daftar Dosen

Fasilitas

Struktur Organisasi

Lihat Program Studi Lainnya

STIKes Guna Bangsa Yogyakarta memiliki sembilan program studi yang terdiri dari Program Diploma Tiga, Program Sarjana, dan Program Magister

12 Years Full of Passion

Informasi

STIKes Guna Bangsa Yogyakarta