Program Studi Kebidanan Program Sarjana &
Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi

Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI PROGRAM STUDI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA DAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN PROGRAM PROFESI

Ketua Program Studi          

  1. Menyusun program kerja dan anggaran tahunan program studi.
  2. Melaksanakan pengembangan pendidikan tinggi sesuai kompetensinya.
  3. Mengarahkan dan mengevaluasi kegiatan akademik, penelitian, pengabdian masyarakat, kegiatan kemahasiswaan, dan kerjasama pada lingkup program studi.
  4. Melaksanakan pembinaan civitas akademika pada tingkat program studi.
  5. Melaksanakan urusan tata usaha pada tingkat program studi.
  6. Menyusun dan menyampaikan laporan tahunan program studi kepada ketua STIKES.
  7. Mewakili program studi dalam rapat-rapat dinas di tingkat STIKES.
  8. Memimpin rapat program studi

Sekretaris Program Studi   

  1. Membantu pelaksanaan tugas pokok ketua program studi.
  2. Merancang dan menyelenggarakan sistem kearsipan program studi.
  3. Menyusun data base program studi.
  4. Mendokumentasikan semua kegiatan program studi.
  5. Melakukan inventarisasi semua aset program studi.
  6. Menyusun laporan kegiatan program studi secara berkala.
  7. Mendokumentasikan kurikulum meliputi Silabus, RPS, Bahan Ajar, Panduan akademik, pedoman TA, pedoman praktikum dan praktik klinik;
  8. Mendokumentasikan hasil pengembangan SDM meliputi tugas  belajar,  pelatihan,  seminar, minilokakarya dll yang dilakukan dosen.
  9. Mewakili program studi saat ketua program studi berhalangan

Koordinator Akademik       

  1. Mengembangkan kurikulum program studi
  2. Mendokumentasikan pelaksanaan kurikulum meliputi kalender akademik, jadual kuliah
  3. Berkoordinasi dengan Ketua Program Studi menyusun Kalender Akademik untuk 1 Tahun Akademik pada setiap awal tahun akademik
  4. Mempersiapkan administrasi akademik bagi calon lulusan yang berupa menyusun SK Panitia Ujian Akhir Program/Uji Kompetensi, SK Pembimbing Praktik Klinik, SK Pembimbing TA, SK Penetapan
  5. Penguji TA, SK Yudisium, SK Panitia Wisuda, SK Penetapan Peserta Wisuda
  6. Berkordinasi dengan BAAK untuk merekapitulasi pencapaian Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari semua mahasiswa lengkap dengan analisis kuantitatif dan kualitatifnya untuk diserahkan kepada Unit Penjaminan Mutu melalui Pembantu Ketua I Bidang Akademik
  7. Mempersiapkan dan menyelenggarakan Rapat Dosen pada setiap awal semester dan Rapat Yudisium pada setiap akhir semester.
  8. Mengatur pelaksanaan UTS, UAS,TA, Praktikum, Praktik Komunitas dan Praktik Klinik.
  9. Mengusulkan dosen pengampu tiap semester
  10. Melaksanakan ploting dosen
  11. Mendistribusikan silabus ke dosen pengampu
  12. Menyusun jadual perkuliahan
  13. Melakukan monitoring dan evaluasi pembelajaran

Koordinator Kemahasiswaan         

  1. Mengatur perencanaan PPS/Ospek dengan melakukan koordinasi dengan Bag. Kemahasiswaan STIKES
  2. Mengatur perencanaan registrasi mahasiswa baru dan lama.
  3. Mengatur pembinaan kemahasiswaan.
  4. Mengatur bimbingan akademik/ konseling.
  5. Mengatur cuti akademik.
  6. Mengatur perpindahan mahasiswa.
  7. Mengatur pemberhentian mahasiswa.
  8. Mengatur penghargaan dan sanksi bagi mahasiswa.
  9. Mengatur wisuda
  10. Mengatur surat pengembalian mahasiswa.
  11. Mengatur pembinaan alumni.
  12. Mengatur pengabdian masyarakat oleh mahasiswa dan berkoordinasi dengan LPPM STIKES.
  13. Mengatur pembinaan       mahasiswa       bermasalah (hamil, kecelakaan, wafat), sakit.
  14. Mengatur mengembangkan akses data  kemahasiswaan

Koordinator Praktik Eksternal      

  1. Mengatur jadual praktik klinik
  2. Melakukan perijinan, dan survey lahan pratik
  3. Melakukan koordinasi        dengan pimpinan         (RS, RB/BPM, Klinik, Puskesmas)
  4. Melaksanakan koordinasi        dengan pembimbing akademik prodi
  5. Menyusun kerangka acuan praktik klinik
  6. Menyusun buku panduan praktik klinik
  7. Mengatur jadual pembekalan mahasiswa
  8. Menyusun log book praktik klinik
  9. Mengatur jadual supervise
  10. Mengatur jadual dan penempatan mahasiswa praktik
  11. Mengatur tata tertib praktik klinik bagi mahasiswa, pembimbing klinik dan pembimbing akademik
  12. Mengatur metode bimbingan praktik klinik
  13. Melakukan monitoring dan evaluasi praktik klinik
  14. Mengatur penetapan pembimbing praktik klinik (CI dan pembimbing akademik)
  15. Mendokumentasikan kerangka acuan, buku panduan praktik klinik beserta lampirannya
  16. Mengolah nilai praktik klinik
  17. Membuat laporan tahunan pelaksanaan praktik klinik

Koordinator Praktik Internal         

  1. Menyusun program dalam rencana kegiatan tahunan laboratorium Program Studi
  2. Bertanggung jawab atas kegiatan harian laboratorium Program Studi. (cek dan ricek kendala yang ada, termasuk menerima laporan permasalahan yang ada untuk ditindaklanjuti)
  3. Mengawasi kegiatan praktikum (cek dan ricek ketersediaan alat, bhp, reagen)
  4. Mengkoordinir jadwal praktikum. (jadwal, tim praktikum, pengumpulan study guide di laboratorium, ketersediaan petunjuk praktikum dan kroscek ke tim praktikum)
  5. Mengadakan evaluasi kegiatan laboratorium Program Studi setiap semester. (terkait penggunaan lab untuk praktikum, penelitian dan pengabmas)
  6. Membantu membuat perencanaan sarana laboratorium dan prasarana laboratorium tiap awal semester termasuk membuat denah laboratorium yang direncanakan.
  7. Membuat program kerja tahunan dan RKAT laboratorium Program Studi.
  8. Melakukan cek dan ricek penggunaan anggaran yang sudah direncanakan. (tiap bulan kroscek ke keuangan tentang anggaran yang telah digunakan)
  9. Membantu menginventarisasi alat dan bahan praktikum serta menyusun laporan keadaan bahan dan alat praktikum tiap tahun. (melakukan cek dan ricek alat-alat bahan laboratorium kepada laboran masing-masing lab)
  10. Mengetahui kegunaan dan cara kerja setiap peralatan yang menjadi tanggung jawabnya.
  11. Bertanggung jawab dalam pemeliharaan peralatan yang menjadi tanggung jawabnya. (evaluasi pemeliharaan peralatan dan menerima laporan kerusakan alat).
  12. Bertanggung jawab kepada Ketua Program Studi terhadap program kerja yang telah dilaksanakan.

 

Koordinator Penelitian        

  1. Menetapkan arah dan kebijakan LPPM Program Studi
  2. Menjalankan Program Kerja LPPM sesuai kebutuhan sosial kemasyarakatan dalam koridor pedoman DIKTI
  3. Merencanakan, menyusun, mengembangkan dan mengendalikan fasilitas dan seluruh sumber daya LPPM
  4. Menyusun program  kerja  bidang  penelitian  dan pengembangan
  5. Menyeleksi,     mengendalikan            dan mengevaluasi kegiatan yang akan, sedang, dan telah dilaksanakan
  6. Mempublikasikan dan melakukan sosialisasi kepada sivitas academika tentang program LPPM
  7. Mengevaluasi kinerja tahunan LPPM
  8. Melakukan sosialisasi program ke masing–masing prodi serta bagian lain yang dianggap perlu
  9. Menilai usulan proposal dari aspek kelengkapan teknis administratif sebagai bahan pertimbangan pimpinan dalam menilai proposal
  10. Membantu pelaksanaan program Praktik komunitas reguler dan tematik
  11. Mempublikasikan hasil penelitian dan pengabmas pada tingkat nasional / internasional di jurnal terakreditasi, seminar dll
  12. Memilah, mengevaluasi dan menempatkan hasil penelitian sesuai temanya
  13. Menyusun program pengabdian masyarakat dengan tema secara spesifik sesuai kebutuhan masyarakat dan pemerintah
  14. Mengembangkan program-program pengelolaan pengabdian masyarakat
  15. Melakukan workshop penelitian akademik

Koordinator Pengabmas     

  1. Memimpin dan mengkoordinasikan semua pengabdian pada masyarakat di tingkat Prodi.
  2. Menyusun program rutin dan rencana anggaran pengabdian pada masyarakat.
  3. Memimpin dan mengawasi pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat.
  4. Menjalin kerja sama dengan lembaga lain atau pihak eksternal dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat.
  5. Mengembangkan dan mempromosikan Program Studi melalui pengabdian pada masyarakat.
  6. Membuat jadwal dan mengawasi pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat di lapangan.
  7. Berkoordinasi dengan LPPM pada setiap kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  8. Menyeleksi, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan yang akan, sedang, dan telah dilaksanakan
  9. Mempublikasikan dan melakukan sosialisasi kepada sivitas academika tentang program LPPM.
  10. Mengevaluasi kinerja tahunan LPPM
  11. Melakukan sosialisasi program ke masing–masing prodi serta bagian lain yang dianggap perlu.
  12. Menilai usulan proposal dari aspek kelengkapan teknis administratif sebagai bahan pertimbangan pimpinan dalam menilai proposal.
  13. Membantu pelaksanaan program Praktik komunitas reguler dan tematik.
  14. Mempublikasikan hasil penelitian dan pengabmas pada tingkat nasional / internasional di jurnal terakreditasi, seminar dll .
  15. Memilah, mengevaluasi dan menempatkan hasil penelitian sesuai temanya.
  16. Menyusun program pengabdian masyarakat dengan tema secara spesifik sesuai kebutuhan masyarakat dan pemerintah.
  17. Mengembangkan program-program pengelolaan pengabdian masyarakat
  18. Melakukan workshop penelitian akademik
  19. Bersama Sekretaris Program Studi menyiapkan rapat koordinasi terkait dengan penelitian, pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat.

Unit Penjaminan Mutu       

  1. Membuat Manual Mutu, dokumen kebijakan mutu internal Program Studi, Standar Mutu, dan Peraturan Akademik Program Studi
  2. Membuat Prosedur Mutu yang berlaku di Lingkungan Program Studi.
  3. Mensosialisasikan Sistem Penjaminan Mutu kepada sivitas Akademika dalam Lingkungan Program Studi
  4. Membahas dan menindaklanjuti laporan audit internal Program Studi.
  5. Memonitor Sistem Penjaminan Mutu Akademik
  6. Melakukan Audit dan Evaluasi Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Akademik
  7. Bekerjasama dengan tim pendamping Akreditasi Program Studi
  8. Melaporkan secara berkala pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Akademik kepada Ketua Program Studi

SK

SK KEMERISTEK DIKTI

Nomor 805/KPT/I/2018

Kampus

Jl. Padjajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. 55283

Daftar di STIKes Guna Bangsa Yogyakarta dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih dibidang kesehatan untuk calon mahasiswa

12 Years Full of Passion

Informasi

STIKes Guna Bangsa Yogyakarta