Diploma Tiga Radiologi

Program Studi Radiologi

Radiografer adalah tenaga kesehatan professional yang memilikasi spesialisasi teknik pencitraan terkait anatomi tubuh manusia untuk membantu dokter dalam melakukan diagnosa pasien atau tindakan terapi kepada pasien. Radiografer bekerja di Departemen Radiologi setiap rumah sakit atau di bagian gawat darurat untuk menghasilkan gambar/citra/foto dari tubuh pasien, kemudian foto akan dibaca oleh dokter spesialis radiologi atau Radiolog. Hasil bacaan radiolog ini digunakan oleh dokter spesialis lain sebagai acuan untuk tindakan perawatan yang akan diberikan kepada pasien.

Radiografer dibeberapa negara disebut Radiologic technologist sesuai dengan tugasnya yaitu menghasilkan gambar atau citra menggunakan alat berteknologi tinggi seperti Computed Radiography, Digital Radiography, Mammography, C-Arm, CT-Scan dan MRI. Beberapa Negara juga menyebutnya sebagai Medical Radiation Technologist karena bekerja dengan memanfaatkan alat yang menghasilkan sinar-X untuk menghasilkan gambar/citra. Oleh karena itu Radiografer harus menguasai ilmu terkait teknik pencitraan diagnostik dan terapi, anatomi tubuh manusia dan proses terbentuknya gambar/citra menggunakan alat-alat radiologi.

Program Studi D3 Radiodiagnostik dan Radioterapi memiliki Visi Program Studi yaitu

“Menjadi Program Studi Diploma 3 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi yang unggul dengan pendekatan pelayanan komunitas di tingkat nasional sampai dengan tahun 2023”.

Program Studi D3 Radiodiagnostik dan Radioterapi memiliki Misi Program Studi antara lain :

  1. Menyelenggarakan pendidikan Teknik Radiodiagnostik Dan Radioterapi yang berintegritas, profesional dan unggul
  2. Melaksanakan penelitian ilmiah khususnya di bidang Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi yang bermanfaat bagi masyarakat, pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan teknologi di bidang Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi dengan pendekatan berbasis komunitas
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi pemerintah, swasta dan masyarakat baik nasional maupun internasional.
  1. Menjadi Program Studi Diploma Tiga Radiologi yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang unggul, inovatif dan berdaya saing dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pencitraan radiologi digital.
  2. Menjadi Program Studi Diploma Tiga Radiologi yang menghasilkan karya penelitian yang berkontribusi kepada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pencitraan radiologi digital.
  3. Menjadi Program Studi Diploma Tiga Radiologi yang menghasilkan karya pengabdian masyarakat yang berkontribusi kepada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pencitraan radiologi digital.
  4. Menjadi Program Studi Diploma Tiga Radiologi yang mampu membangun jejaring nasional dan internasional untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Ubah Konten

Profil lulusan Program studi Radiologi Program Diploma Tiga dengan sebutan Ahli Madya Kesehatan (A.Md. Kes) adalah sebagai berikut. 1. Pelaksana Pemeriksaan Radiografi Lulusan diharapkan mampu melakukan pemeriksaan radiografi konvensional, intervensional, CT Scan dasar, MRI dasar, USG, Kedokteran Nuklir dengan menerapkan keselamatan radiasi dan kedaruratan radiologi serta mampu mengikuti perkembangan teknologi radiografi digital. 2. Pengelola pelayanan radiologi Lulusan diharapkan mampu mengelola pelayanan radiografi yang meliputi administrasi pelayanan, operasional dan sumber daya 3. Edukator Lulusan diharapkan mampu menjadi pembimbing/penyuluh/promotor dalam pelayanan kesehatan di masyarakat 4. Enumerator penelitian Lulusan diharapkan mampu menjadi pelaksana pengambilan data penelitian bidang radiografi pada umumnya dan teknologi radiografi digital pada khususnya.

Akreditasi

SK LAM-PTKes Nomor: 0589/LAM-PTKes/Akr/Dip/VII/2018

Kampus

Jl. Padjajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. 55283

Daftar di STIKes Guna Bangsa Yogyakarta dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih dibidang kesehatan untuk calon mahasiswa

Daftar Dosen

Fasilitas

Struktur Organisasi

Lihat Program Studi Lainnya

STIKes Guna Bangsa Yogyakarta memiliki sembilan program studi yang terdiri dari Program Diploma Tiga, Program Sarjana, dan Program Magister

STIKes Guna Bangsa Yogyakarta