Diploma Tiga Kebidanan

Program Studi Kebidanan

Program Studi Kebidanan Diploma Tiga STIKES Guna Bangsa Yogyakarta didirikan pada tahun 2009 berdasarkan SK Mendiknas RI No. 70/D/O/2009 tertanggal 2 Juni 2009. Program Studi Kebidanan Diploma Tiga STIKES Guna Bangsa Yogyakarta senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran agar bidan yang dihasilkan memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintah. Salah satu bentuk pencapaian peningkatan kualitas Program Studi Kebidanan Diploma Tiga yaitu dengan diperolehnya sertifikat akreditasi dengan predikat Akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) dengan Nomor : 0594/LAM-PTKes/Akr/Dip/V/2016 tanggal 22 Mei 2016, Alamat program studi : Jl. Padjajaran Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta, Telp.: (0274) 4477701, Fax.: (0274) 4477701, Website : www.gunabangsa.ac.id, Email : d3bidan.gunabangsa@gmail.com.

Menghasilkan lulusan Diploma Tiga Kebidanan yang unggul, inovatif, dan berdaya saing dalam memberikan asuhan kebidanan berbasis kearifan lokal

Dalam rangka mencapai visi, maka ditetapkan misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan kebidanan yang bermutu untuk menghasilkan lulusan diploma tiga kebidanan yang unggul, inovatif, dan berdaya saing dalam memberikan asuhan kebidanan berbasis kearifan lokal.
  2. Menyelenggarakan penelitian kebidanan berbasis kearifan lokal
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berbasis kearifan lokal
  4. Mengembangkan jejaring nasional dan internasional untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi

Tujuan pendidikan Kebidanan Program Diploma  STIKES Guna Bangsa Yogyakarta :

  1. Menjadi Program Studi kebidanan yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang unggul, inovatif dan berdaya saing dalam memberikan asuhan kebidanan berbasis kearifan lokal.
  2. Menjadi Program Studi kebidanan yang menghasilkan karya penelitian kebidanan berbasis kearifan lokal.
  3. Menjadi Program Studi kebidanan yang menghasilkan karya pengabdian masyarakat berbasis kearifan lokal.
  4. Menjadi  Program Studi kebidanan yang mampu membangun jejaring nasional dan internasional untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi

Program studi D3 Kebidanan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta merupakan pendidikan vokasional yaitu mempersiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin dan secara mandiri dalam pelaksanaan tanggung jawab pekerjaannya.

            Terminal dari program studi Diploma Tiga Kebidanan adalah Ahli Madya Kebidanan (AMd.Keb). Beban studi mahasiswa 116 SKS dengan beban normal belajar mahasiswa adalah 8 jam perhari (48 jam/minggu setara dengan 18 SKS/semester) sampai 9 jam perhari (54 jam/minggu setara dengan 20 SKS/semester) dan ditempuh dalam masa studi 6–10 semester sesuai dengan pasal 17, Permenristekdikti No. 44 tahun 2015.

Profil Lulusan Diploma 3 Kebidanan telah ditetapkan yaitu sebagai pemberi asuhan kebidanan/care provider yang berperan sebagai pemberi asuhan kebidanan pada masa kehamilan, persalinan dan bayi baru lahir, nifas, KB, bayi dan balita pada kondisi normal, melakukan deteksi dini dan penanganan awal kegawatdaruratan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan kode etik profesi pada tatanan pelayanan kesehatan (IBI dan AIPKIND, 2016).

Akreditasi

SK LAM-PTKes Nomor:

0594/LAM-PTKes/Akr/Dip/V/2016

Kampus

Jl. Padjajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. 55283

Daftar di STIKes Guna Bangsa Yogyakarta dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih dibidang kesehatan untuk calon mahasiswa

Daftar Dosen

Fasilitas

Modul Pembelajaran

Daftar Dosen

Daftar Dosen

Lihat Program Studi Lainnya

STIKes Guna Bangsa Yogyakarta memiliki sembilan program studi yang terdiri dari Program Diploma Tiga, Program Sarjana, dan Program Magister

STIKes Guna Bangsa Yogyakarta