KENALI DAN CEGAH PENYEBARAN DBD

Mahasiswa Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Program D3 STIKES Guna Bangsa Yogyakarta Semester VI menyelenggarakan kegiatan Praktek Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) di Padukuhan Gedong RT.50, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo pada tanggal 01 Juli 2024. Kegiatan dihadiri oleh ibu Kepala Dukuh, ibu Ketua RT dan ibu-ibu anggota PKK sebanyak 25 peserta serta dosen pembimbing kegiatan PKMD.

Kegiatan penyuluhan dimulai pada pukul 15.00 WIB dengan melakukan doa bersama dan absensi kehadiran peserta. Selanjutnya melakukan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah, penimbangan berat badan dan pengukuran lingkar perut. Penyuluhan PKMD kelompok 3 mengangkat tema ‚ÄĚKenali dan Cegah Penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD). Pemateri penyuluhan ini Vinsensia Rado selaku ketua pelaksana PKMD. Adapun materi terdiri dari informasi pengertian DBD, pengenalan awal gejala DBD, pencegahan DBD, dan pengenalan program nyamuk ber-wolbachia.

Peserta antusias mengikuti kegiatan terbukti dengan berbagai pertanyaan yang diajukan seperti bagaimana ciri-ciri dan cara berkembang biak nyamuk demam berdarah dan keingintahuan tentang program nyamuk ber-wolbachia yang telah dilakukan di Kabupaten Sleman dan Bantul. Selain sesi tanya jawab peserta juga melakukan diskusi bersama tentang program nyamuk ber-wolbachia bersama ibu Yuliana Prasetyaningsih, S.Si.,M.Sc selaku dosen pembimbing PKMD. Kegiatan ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama. Kami berharap semoga penyuluhan ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan ibu-ibu PKK RT 50, Gedong, Purwosari, Kulon Progo tentang DBD.

Kampus

Jl. Padjajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283

Daftar di STIKes Guna Bangsa Yogyakarta dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih di bidang kesehatan untuk calon mahasiswa.

STIKes Guna Bangsa Yogyakarta