Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Prodi Kebidanan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta

GBY02623

Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan implementasi dari Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, mendorong STIKES Guna Bangsa Yogyakarta untuk selalu meningkatkan kerjasama dan kolaborasi terhadap mitra pada dunia pendidikan dan industri. Kerjasama kolaborasi inilah yang selalu membuat perubahan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta dalam mewujudkan implementasi Kampus Merdeka. Implementasi di program MBKM ini dimulai dengan adanya pembentukan kebijakan di tingkat STIKES Guna Bangsa Yogyakarta. Kebijakan ini tertuang dalam SK Ketua STIKES No.154/SK/STIKES-GB/IX/2021 tentang Program Merdeka Belajar di STIKES Guna Bangsa Yogyakarta.

GBY02666

Untuk memastikan implementasi kebijakan MBKM berjalan dengan baik, maka diperlukan kurikulum sebagai elemen dasar pelaksanaan MBKM di program studi kebidanan dan pedoman implementasinya. Pemahaman dosen terhadap implementasi kurikulum MBKM juga sangat penting supaya program berjalan dengan efektif dan efisien. Berdasarkan hal tersebut maka pada tahun 2023 Program Studi Kebidanan (Program Sarjana dan Program Profesi) STIKES Guna Bangsa Yogyakarta melaksanakan workshop Implementasi Kurikulum MBKM dengan mengundang narasumber Ibu Dr.Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P.  Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2023. 

GBY02757

Workshop MBKM dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 7-8 dan 11 September 2023 bertempat di Hotel Sahid Raya Yogyakarta dan diikuti oleh unsur pimpinan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta, Lembaga Penjaminan Mutu Internal, Dosen serta Tenaga Kependidikan STIKES Guna Bangsa Yogyakarta.

GBY02505

Workshop dilaksanakan dengan tujuan:

  1. Menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman kurikulum MBKM
  2. Menghasilkan kurikulum yang sesuai dengan empat pilar utama (Outcome-Based Education/OBE, Keterampilan Abad 21, Literasi Digital, dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka/MBKM),
  3. Tersusunnya pedoman/panduan implementasi kurikulum MBKM

Kampus

Jl. Padjajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283

Daftar di STIKes Guna Bangsa Yogyakarta dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih di bidang kesehatan untuk calon mahasiswa.

STIKes Guna Bangsa Yogyakarta