PENERIMAAN PROPOSAL KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA 2023

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi pada pasal 14 ayat (5) menyebutkan bahwa salah satu bentuk pembelajaran kepada mahasiswa salah satunya melalui Wirausaha. Kegiatan wirausaha juga merupakan salah satu kegiatan yang terdapat di Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka guna mendorong pengembangan minat wirausaha mahasiswa dengan program kegiatan belajar yang sesuai.

Dalam rangka menumbuhkembangkan semangat berwirausaha mahasiswa STIKES Guna Bangsa Yogyakarta, dibutuhkan adanya pembekalan sejak dini terhadap mahasiswa tentang prinsip dasar bagaimana cara membangun sebuah usaha. Adanya pembekalan kewirausahaan kepada mahasiswa diharapkan mampu memberikan motivasi untuk mewujudkan ide dan kreatifitas mahasiswa dalam membangun usaha khususnya di era digital saat ini. Kegiatan kewirausahaan juga diharapkan mampu mendorong mahasiswa agar tidak ketergantungan mencari lapangan pekerjaan tetapi justru mampu membuka jalan untuk menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri setelah selesai kuliah.

STIKES Guna Bangsa Yogyakarta menjalankan fungsinya sebagai fasilitasi peningkatan mutu pendidikan tinggi dengan memberikan fasilitasi kegiatan sosialisasi Kewirausahaan bagi mahasiswa. Pogram kewirausahaan mahasiswa ini merupakan Hibah Pembiayaan Inovasi Kewirausahaan, Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2023 yang diusulkan oleh Program Studi Kebidanan Program Sarjana STIKES Guna Bangsa Yogyakarta melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, STIKES Guna Bangsa Yogyakarta memberi kesempatan kepada mahasiswa dalam kegiatan Bantuan Insentif Kewirausahaan Mahasiswa tahun 2023 dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Sistematika penulisan proposal dapat merujuk pada Pedoman Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Tahun 2023.
  2. Peserta adalah mahasiswa aktif STIKES Guna Bangsa dan terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti);
  3. Kelompok pengusul berjumlah 4-5 orang yang berasal minimal dari 2 (dua) program studi yang berbeda dengan ketentuan;
    1. Ketua berasal dari Program Studi Kebidanan Program Sarjana
    2. Ketua berasal dari dari Program Studi lainnya wajib memiliki anggota 2-3 orang yang berasal dari Program Studi Kebidanan Program Sarjana
  4. Mahasiswa pengusul dapat berasal dari berbagai tahun angkatan yang berbeda atau dari satu tahun angkatan yang sama
  5. Tema ide usaha yang dapat dipilih terdiri dari:
    1. Kuliner;
    2. Teknologi dan Informasi;
    3. Industri Kreatif;
    4. Produksi dan Budidaya;
    5. Perdagangan dan Jasa.
  6. Proposal kegiatan kewirausahaan mahasiswa diunggah dalam format pdf melalui tautan https://bit.ly/ppkmwirausahamhsgb23 paling lambat tanggal 2 September 2023 pukul 23:59 WIB, dengan penamaan file: NIM_Nama Ketua Pengusul_Tem

Bagi mahasiswa yang berminat menjadi peserta Bantuan Insentif Kewirausahaan Mahasiswa dan apabila ada yang belum dipahami dapat menghubungi Indah Purnamasari (+62 858-6659-1985) atau Novita (+62 856-4393-6379)

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami mengucapkan terima kasih. 

Informasi Pedoman Pelaksanaan dapat didownload DISINI 

Biro Kemahasiswaan

STIKES Guna Bangsa Yogyakarta

Kampus

Jl. Padjajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283

Daftar di STIKes Guna Bangsa Yogyakarta dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih di bidang kesehatan untuk calon mahasiswa.

STIKes Guna Bangsa Yogyakarta