Workshop Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

STIKES Guna Bangsa Yogyakarta bekerjasama dengan STIKES Awal Bross Pekanbaru mengadakan acara “Workshop Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat” pada hari Sabtu 12 Februari 2022. Acara tersebut dihadiri oleh dosen-dosen dari STIKES Guna Bangsa, STIKES Awal Bross Batam, dan STIKES Awal Bross. Dalam acara Workshop tersebut, LPPM STIKES Guna Bangsa Yogyakarta mengundang narasumber yang ahli dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yaitu Dr. Siti Rochmiyati, M.Pd selaku kepala LP2M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yang diikuti oleh kurang lebih 68 dosen.

Secara rinci tujuan Workshop Penyusunan Roadmap ini adalah:

  1. Mendukung SIKES Guna Bangsa Yogyakarta menuju sekolah tinggi berbasis riset;
  2. Membentuk dan mengembangkan payung riset (grand research) unggulan;
  3. Mengefisiensikan penggunaan dana yang tersedia;
  4. Meningkatkan fokus penelitian bagi dosen-dosen SIKES Guna Bangsa Yogyakarta;
  5. Meningkatkan kualitas dan produktivitas penelitian, berupa publikasi pada jurnal internasional dan nasional terakreditasi, bahan ajar, dan HaKI;
  6. Meningkatkan relevansi pemanfaatan hasil penelitian dalam Tridharma perguruan tinggi;
  7. Meningkatkan peran SIKES Guna Bangsa Yogyakarta dalam mempercepat pembangunan daerah dan nasional menuju masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Acara workshop pembuatan roadmap penelitian dibuka oleh sambutan Dr. Wiwik Surayandartiwi selaku ketua STIKES awal bross Pekanbaru dan dalam sambutannya beliau berharap semoga kedepannya kedua STIKES tersebut mampu untuk memahami tentang prioritas riset nasional yang tertuang dalam roadmap penelitian dan roadmap pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan workshop dilakukan dengan pemaparan materi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab secara langsung dan oleh peserta, kemudian narasumber langsung menjawab pertanyaan dari peserta.

Dr. Siti Rochmiyati, M.Pd menjelaskan dalam paparannya mengenai Roadmap Penelitian berdasarkan prioritas riset nasional, Roadmap penelitian dan roadmap PkM dosen harus sinergis dengan roadmap penelitian program studi yang secara langsung beriringan dengan roadmap institusi. Roadmap penelitian dan PkM institusi harus memperhatikan visi misi dan tujuan dari institusi.  Kegiatan workshop Penyusunan Roadmap penelitian dan PkM ini diselenggarakan untuk memastikan riset yang telah kita bikin bisa diterapkan dengan baik”. Jelasnya.

Kampus

Jl. Padjajaran Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283

Daftar di STIKes Guna Bangsa Yogyakarta dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih di bidang kesehatan untuk calon mahasiswa.

STIKes Guna Bangsa Yogyakarta