Learning Outcomes (Analis Kesehatan)

  • Home
  • Learning Outcomes (Analis Kesehatan)

Learning Outcomes (Analis Kesehatan)

Capaian Pembelajaran Prodi D3 Analis Kesehatan STIKes Guna bangsa

a. Sikap dan Tata Nilai

1)         Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu  menunjukkan sikap religius

2)         Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

3)         Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa bernegara, dan kemampuan peradaban berdasarkan Pancasila

4)         Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa

5)         Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

6)         Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

7)         Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

8)         Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

9)         Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri

10)     Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan

 

b. Kemampuan Kerja

1)         Mampu melakukan pengambilan spesimen darah, penanganan cairan dan jaringan tubuh sesuai prosedur standar, aman dan nyaman untuk mendapatkan spesimen yang representatif untuk pemeriksaan laboratorium.

2)         Mampu melakukan pemeriksaan laboratorium medik mulai tahap pra analitik, analitik  sampai pasca analitik di bidang kimia klinik, hematologi, imunoserologi, imunohematologi, bakteriologi, virologi, mikologi, parasitologi, sitohistoteknologi dan toksikologi klinik dari sampel darah, cairan dan jaringan tubuh manusia menggunakan instrumen sederhana dan otomatis secara terampil sesuai standar pemeriksaan untuk menghasilkan informasi diagnostik yang tepat.

3)         Mampu melakukan tindakan pencegahan terjadinya kesalahan pada pemeriksaan kimia klinik, hematologi, imunoserologi, imunohematologi, bakteriologi, virologi, mikologi, parasitologi, sitohistoteknologi dan toksikologi klinik meliputi tahap pra analitik, analitik, dan pasca analitik melalui konfirmasi kesesuaian proses dengan standar untuk mencapai hasil pemeriksaan yang berkualitas.

4)         Mampu menyampaikan informasi pelayanan laboratorium medik melalui komunikasi secara efektif  baik interpersonal maupun profesional kepada  pasien, teman sejawat, klinisi dan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara optimal.

5)         Mampu mengumpulkan dan mengolah data secara deskriptif pada penelitian dasar dan terapan di bidang kesehatan khususnya pada laboratorium medik.

 

c. Pengetahuan

1)         Menguasai anatomi tubuh manusia, sistem sirkulasi dan hemostasis, teknik pengambilan darah kapiler, vena dan arteri, komplikasi flebotomi, penanganan pasien akibat tindakan flebotomi, sistem dokumentasi dan penanganan spesimen, quality assurance, komunikasi dan patient safety.

2)         Menguasai teori yang terkait dengan pemeriksaan laboratorium medik mulai tahap pra analitik, analitik  sampai pasca analitik di bidang kimia klinik, hematologi, imunoserologi, imunohematologi, bakteriologi, virologi, mikologi, parasitologi, sitohistoteknologi dan toksikologi klinik dari sampel darah, cairan dan jaringan tubuh manusia menggunakan instrumen sederhana dan otomatis secara terampil sesuai standar pemeriksaan untuk menghasilkan informasi diagnostik yang tepat.

3)         Menguasai  konsep pengendalian mutu laboratorium medik secara internal, aspek-aspek penting proses pemeriksaan, serta mengidentifikasi terjadinya kesalahan proses pemeriksaan.

4)         Mampu menguasai konsep komunikasi dan promosi kesehatan berbasis individu dan masyarakat berdasarkan nilai-nilai budaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara optimal.

5)         Menguasai konsep perumusan masalah, teknik pengumpulan dan pengolahan  data secara deskriptif pada penelitian dasar maupun terapan di bidang kesehatan khususnya laboratorium medik.

 

d. Hak dan Tanggung Jawab

1)         Bertanggung jawab terhadap kompetensi dan etika profesional, hak pasien serta keamanan dan kenyamanan pasien.

2)         Mampu bekerjasama dengan tim, menyusun dan melaporkan  hasil pemeriksaan  yang valid kepada pihak  yang berwenang  dan mampu mendokumentasikan serta menjaga kerahasiaan informasi sesuai kode etik profesi.

3)         Bertanggung jawab terhadap kualitas proses setiap tahapan pemeriksaan laboratorium medik, untuk menjamin validitas hasil pemeriksaan.

4)         Mampu berkerjasama dengan tim dalam memberikan informasi pelayanan laboratorium medik kepada  pasien, teman sejawat, klinisi dan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara optimal.

5)         Dapat mempertanggungjawabkan hasil pengumpulan dan pengolahan data secara deskriptif pada  penelitian dasar dan terapan di bidang kesehatan khususnya  laboratorium medik